Sejarah Singkat Peristiwa G30S PKI dan Kaitannya dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

- Rabu, 28 September 2022 | 14:56 WIB
Monumen Pancasila Sakti untuk mengenai jasa Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI.  (direktoripariwisata.id)
Monumen Pancasila Sakti untuk mengenai jasa Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI. (direktoripariwisata.id)

JABAR HITS – Gerakan 30 September atau dikenal dengan G30S/PKI merupakan peristiwa kelam sepanjang sejarah bangsa Indonesia.

G30S/PKI adalah gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Soekarno dan mengubah ideologi Indonesia menjadi negara komunis.

Peristiwa G30S/PKI berlangsung selama dua hari dari 30 September 1965 sampai 1 Oktober 1965. Kedua hari tersebut kemudian dikenang sebagai hari-hari bersejarah di Indonesia.

Baca Juga: Lirik Lagu Benar-benar The Overtunes & Idgitaf, Cerita tentang Satu Cinta dengan Dua Kisah Berbeda

Dilansir jabarhits.com dari berbagai sumber, gerakan 30 September dipimpin oleh DN Aidit yang pada saat itu menjabat sebagai ketua Partai Komunis Indonesia (PKI).

Gerakan tersebut berada di bawah kendali Letkol Untung, seorang anggota Cakrabirawa (pasukan pengawal istana) yang dianggap loyal kepada PKI.

Dalam upaya kudeta, gerakan ini mengincar para perwira tinggi TNI AD Indonesia dan menewaskan setidaknya tujuh orang perwira.

Baca Juga: Aishwarya Rai Berterima Kasih pada Penggemar yang Antusias Menyambutnya

Tiga di antaranya dibunuh langsung di kediamannya sedangkan yang lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya.

Halaman:

Editor: Ghulam Halim Hanifuddin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X