Catatan Sejarah Mengenai Dibungkamnya G30S/PKI oleh Pasukan Baret Merah

- Kamis, 29 September 2022 | 16:00 WIB
Catatan Sejarah Mengenai Dibungkamnya G30S/PKI oleh Pasukan Baret Merah (Hasil tangkap layar kanal YouTube Intel Melayu)
Catatan Sejarah Mengenai Dibungkamnya G30S/PKI oleh Pasukan Baret Merah (Hasil tangkap layar kanal YouTube Intel Melayu)

JABAR HITS – Setelah terjadinya peristiwa berdarah G30S/PKI, media elektronik radio RRI Pusat menjadi media massa yang sangat penting.

Pasalnya, hanya RRI Pusat yang kala itu menjadi satu-satunya media massa yang aktif memberitakan perkembangan informasi politik di Indonesia.

Dilansir dalam kanal YouTube Intel Melayu, sebagaimana diceritakan oleh Hendro Subroto dalam bukunya yang berjudul Sintong Panjaitan, Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando, menguraikan kesaksiannya saat dia diperintahkan memimpin pasukan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) merebut gedung RRI dari tangan kelompok G30S/PKI.

Baca Juga: Transjakarta Laporkan Peningkatan Penumpang Sebesar 10 Persen Pasca Kenaikan Harga BBM

Sintong Panjaitan memiliki pangkat Letda yang diduga menjadi salah satu saksi dalam sejarah penumpasan G30S/PKI.

Masih dalam bukunya, Sintong menceritakan, saat itu ada tiga kompi Baret Merah yang bergerak dari Markas RPKAD di Cijantung menuju Markas Kostrad di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Pergerakan mereka berlangsung dengan leluasa padahal dikatakan dalam catatan sejarah, sebanyak 10.000 lebih pasukan reguler maupun sukarelawan Ormas PKI berada di sana.

Baca Juga: Playoff MPL ID Season 10 Digelar di Gedung Megah

Tak hanya itu, Kodam V/ Jaya selaku Penguasa Pelaksana Perang Daerah (Pepelrada) juga memberlakukan jam malam dimulai pada pukul 18.00-06.00 WIB.

Halaman:

Editor: Ghulam Halim Hanifuddin

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X