Catatan Sejarah Terbentuknya Sukwan yang Disinyalir Menjadi Kedok pada Peristiwa G30S/PKI

- Jumat, 30 September 2022 | 18:09 WIB
ILUSTRASI Monumen Pancasila Sakti. Catatan Sejarah Terbentuknya Sukwan yang Disinyalir Menjadi Kedok pada Peristiwa G30S/PKI (cagarbudaya.kemdikbud.go.id)
ILUSTRASI Monumen Pancasila Sakti. Catatan Sejarah Terbentuknya Sukwan yang Disinyalir Menjadi Kedok pada Peristiwa G30S/PKI (cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

JABAR HITS – Menurut catatan sejarah, diduga bila kelompok G30S/PKI menjadikan pelatihan sukwan atau sukarelawan untuk menutupi aksi mereka.

Pelatihan anggota sukwan dijadikan kedok oleh mereka dalam melancarkan gerakan militer pasukan G30S/PKI.

Dari buku karangan Aco Manafe yang berjudul Teperpu Mengungkap Pengkhianatan PKI pada Tahun 1965 dan Proses Hukum bagi Para Pelakunya, dijelaskan tentang Politbiro

Baca Juga: Tersangkut Isu KDRT dengan Lesti, Borok Rizky Billar Terbongkar, Benarkah Jadi Simpanan Tante dan Waria?

Bahwa Politbiro yang menjadi organisasi teratas PKI telah mengadakan perluasan rapat ketiganya pada 28 Agustus 1965 yang berisi poin-poin terakit rencana G30S/PKI.

Dilansir dari informasi dalam kanal YouTube Intel Melayu, Aco Manafe menjelaskan juga terkait tugas-tugas yang diberikan pada anggota PKI beserta wilayah tujuannya.

Masih dalam bukunya, diceritakan perihal pelaksanaan pelatihan militer dilakukan oleh satuan-satuan AURI berdasarkan instruksi MenPangau Laksdya Omar Dhani pada 10 Maret 1965.

Baca Juga: Suami Lesti Kejora, Rizky Billar Disebut Selingkuh dengan Seorang Aktris, Devina Kirana Buka Suara

Instruksi dari Omar Dhani di antaranya memerintahkan untuk membentuk pertahanan sipil (hansip) di setiap komando Pangkalan Udara.

Halaman:

Editor: Ghulam Halim Hanifuddin

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X